JANGAN LUPA HADIR YA... GRATIS
KOPDAR SILATURAHIM BLOGKAR
Minggu, 24 Mei 2015 Jam 11:00
Markas Blogger Karawang
Ruko Arcadia Blok D-27
(dekat Pasar Bersih Galuh Mas)
Home » » Bahasa Jepang Autodidak

Bahasa Jepang Autodidak

Bagaimana cara belajar bahasa Jepang autodidak? Inilah 6 Langkah mudah mempelajari bahasa Jepang secara autodidak.

Selain dikenal sebagai negara paling maju di dunia, Jepang juga mempunyai bahasa yang relatif sulit buat dipelajari. Meski demikian, posisi bahasa Jepang di dunia internasional tak bisa dipandang sebelah mata. Bahasa ini digunakan dalam sejumlah bidang, yang kemudian mendorong warga di negara-negara lain untuk mempelajarinya, tak terkecuali Indonesia.

Memahami bahasa Jepang dapat dilakukan dengan macam-macam cara. Dari belajar di sekolah atau universitas, kursus, atau secara autodidak. Jika kalian tertarik mempelajari bahasa ini sendiri, di bawah ini ada tip-tip ampuh yang dapat diterapkan.Untuk kursus bahasa Jepang terdekat Karawang, Tensai Indonesia rekomendasi kami.

1. Mandiri mengatur jadwal belajar

Seperti belajar menjadi blogger, dalam teknik autodidak, pengaturan jadwal maupun materi tidak dilakukan guru atau pengajar bimbel, melainkan kalian sendiri. Kalian bakal mengalami kesulitan di tahap awal, tapi konsistensi dan ketekunan akan membiasakan kalian buat belajar bahasa Jepang. Media-media penunjang pun semakin mudah didapatkan. Sebut saja buku berisi panduan berbahasa Jepang berdasarkan level hingga video dari tutor atau penutur bahasa asli yang bisa kalian akses cuma-cuma di Youtube.

2. Manfaatkan media yang sudah tersedia

Segelintir pemula masih berpikir bahwa mereka harus mempunyai media terkini dan tercanggih untuk meningkatkan kefasihan dalam berbahasa Jepang. Nyatanya, kalian bisa memanfaatkan media-media yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kalau buku panduan yang kalian incar mahal, maka carilah materi serupa di dunia maya. Gunakan gawai seperti ponsel pintar dan laptop untuk mendapatkan materi bahasa Jepang tanpa mengeluarkan bujet terlalu besar.

3. Berteman dengan orang yang sudah lihai

Untuk terus menghidupkan semangat belajar, jalinlah pertemanan dengan orang-orang yang sudah lihai berbahasa Jepang. Caranya bermacam-macam, dari bergabung dalam komunitas, pergi ke festival yang mengusung tema budaya Jepang, atau minta dikenalkan kepada kawan yang berteman dengan penutur asli. Dengan cara-cara ini, kalian bisa mempraktikan bahasa Jepang secara langsung walau tidak punya banyak biaya.

Belajar bahasa Jepang di Tensai, bukan cuma kursus bahasa saja. Ada banyak event terkait Jepang, dari bermacam festival hingga penyaluran kerja, having fun, info jalan ke jepang, bea siswa dan magang di Jepang. Komplit.

Bahasa Jepang Autodidak

4. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari

Tip ampuh berikutnya untuk pelajar autodidak adalah membuat keseharian kalian beruansa Jepang. Bagaimana caranya? Metodenya gampang dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Antara lain menonton anime/film Jepang, mendengarkan lagu-lagu dari musisi Negeri Sakura, atau membaca koran maupun buku dari negara tersebut. Mulaihlah dari tingkat termudah, lantas lanjutkan saat kalian sudah terbiasa dan menguasainya.

5. Kembangkan materi pembelajaran bahasa

Jangan fokus belajar di satu tempat atau sumber, karena hal tersebut malah membatasi kemampuan kalian untuk berkembang. Jadi, pastikan kalian mengumpulkan materi-materi bahasa Jepang dari banyak tempat maupun sumber tepercaya. Kemudian, dampingi pembelajaran teori dengan praktik, sehingga kalian tidak hanya lihai di satu aspek. Semakin banyak sumber yang kalian jadikan acuan, semakin besar dan pesat perkembangan kalian dalam bahasa Jepang.

6. Menguji keterampilan berbahasa Jepang

Untuk mengetahui sejauh mana keterempilan kalian dalam berbahasa Jepang, ujilah dengan berbagai metode. Contohnya mengobrol atau berkirim pesan dengan teman yang sudah jago, menyimak tontonan Jepang tanpa melihat subtitles, hingga mengikuti Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Apa pun dapat kalian lakukan untuk menilai keterampilan berbahasa. Jika kalian belum berhasil di satu metode, maka teruslah berlatih supaya kemampuan berbahasa Jepang kalian tidak diam di tempat.

Itulah enam tip ampuh mempelajari bahasa Jepang secara autodidak. Satu hal yang pasti, pilih metode yang sesuai dengan kemampuan kalian, sehingga proses pemahamannya tak tersendat dan kalian dapat menguasainya dengan cepat.




0 comments:

Posting Komentar

Gabung !



Ayo, Gabung di group forum FB Blogger Karawang !